Senin, 23 Januari 2012

Cara Menginstal VGA Nvidia gt540m di Asus N43SL

Akhirnya jadi juga Blog saya ini......
Ini adalah Postingan pertama saya.....mudah mudahan bermanfaat.....


Langsung aja deh....
Disini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika pertama kali membeli Laptop Asus N43SL....Laptop yang saya beli kosongan alias Non-OS alias DOS doang tanpa Sistem Operasi.


Setelah saya menginstal OS Win 7 semua terlihat normal, namun pada saat saya cek Device Managernya ternyata Display Adaptornya masih pake Intel GMA....wah saya bingung bin panik, kenapa dengan Laptop saya...padahal dilaptopnya tertera stiker "Graphics By : Nvidia GT540M 2 GB".



Saya coba nanya ke si mbah, dan kebanyakan memang kendalanya sama......saya sempet tanya juga ke Asus Service Centre nya juga dan dijelaskan dengan jelas bahwa saya harus mendownload 2 software, yang pertama yaitu "Intel HD Graphics" dan yang ke dua "VGA Nvidia". Ke dua Software tersebut bisa didownload secara gratis DISINI.



Step By Step :
1. Buka Situs Asus Support diatas.
2. Pilih OS yang kita pake untuk Laptop kita (Win7 64 bit lebih direkomendasikan).
3. Dibagian bawahnya ada deretan driver2 yang dipake Asus untuk Laptopnya dan kita pilih "VGA".
4. Lalu pilih "Intel Graphics Driver" pilih yang paling atas karena update paling baru. Download dan Instal.
5. Setelah selesai menginstal Intel Graphics Driver, sekarang kita mendownload "Nvidia Graphics Driver" lalu instal.
6. Setelah selesai lalu kita Restart laptop kita.
7. Cek Device Manager nya, jika berhasil terinstal maka akan muncul 2 driver vga yaitu Intel HD dan Nvidia gt540m.
8. Karena Asus N43SL dan kebanyakan laptop terbaru menggunakan sistem OPTIMUS maka dalam keadaan default akan menggunakan vga punya Intel dan ketika kita menjalankan aplikasi berat semisal game2 berat maka akan otomatis laptop kita menggunakan vga nvidia.


Sekian dulu deh sharingnya.....mudah-mudahan bermanfaat..... 

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Nice share ... mohon info untuk instal laptop barunya. Maklum newbie

Unknown mengatakan...

mas brow. laptop saya juga asus n43sl windows problem trus sy install ulang dengn win7 64 tapi setelah semua selesai di install trus restar. laptopx tdk bisa masuk k windownya hanya sampai logo asus aja trus restar lg. gitu trus berulang ulang. mohon solusix brow?
ngirim ke email sy jg boleh : onch3cp@gmail.com
thanks

Unknown mengatakan...

mas bro gmn di situs asusnya bahasa ingris semua kagak ngerti ss kan dong caranya

Unknown mengatakan...

plis mas ajarin laptop saya udah hampir 1 minggu ngak bisa nvidianya